Bagan metabolisme

Proses metabolisme karbohidrat yaitu sebagai berikut: Penyebab lainnya adalah penyakti autoimun, dimana tubuh membentuk antibodi yang menyerang insulin. Hipoglikemia terjadi karena gula sangat cepat diserap sehingga merangsang pembentukan insulin yang berlebihan.

Ciri-ciri Molekul Protein Beberapa ciri utama molekul protein yaitu: Kelebihan lemak ini biasanya akan menumpuk pada bagian tertentu pada tubuh seperti perut, pinggul, dan paha, namun yang paling jelas terlihat pada bagian perut. Jenis hipoglikemia reaktif lainnya terjadi pada bayi dan anak-anak karena memakan makanan yang mengandung gula fruktosa dan galaktosa atau asam amino leusin.

Bayi dan anak-anak yang memiliki kelainan sistem enzim hati yang memetabolisir gula bisa mengalami hipoglikemia diantara jam-jam makannya. Struktur glikogen bandingkan dengan amilum 3.

Glukosa merupakan bahan bakar metabolik utama bagi jaringan mamalia kecuali hewan pemamah biak dan bahan bakar universal bagan metabolisme janin. Urutan kodon pada suatu sekuen DNA mencerminkan urutan asam amino yang akan dirakit menjadi suatu rantai protein. Glukosa sebagai bahan bakar utama akan mengalami glikolisis dipecah menjadi 2 piruvat jika tersedia oksigen.

Metabolisme adalah suatu proses perubahan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Di otot reakssi ini dikatalis oleh enzim heksokinase sedangkan di hati dikatalis oleh glukokinase. Metabolisme terdiri dari pembentukan makanan anabolisme dan juga penguraian makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana katabolisme.

Beberapa jenis karbohidrat mempunyai fungsi khusus di dalam tubuh. Metabolisme Energi, Karbohidrat dan Lipid. Selanjutnya lemak akan memasuki hati, empedu, dan masuk ke dalam usus kecil.

Secara berurutan, produk-produk ini terutama adalah glukosa, asam lemak serta gliserol dan asam amino. SARAN Mengingat pentingnya zat gizi bagi tubuh, hendaknya kita selalu berusaha mengkonsumsi makanan yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh kita akan zat gizi tersebut.

Akhirnya terbentuklah molekul H2O air. Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit, hanya dapat menggunakan enersi yang berasal dari karbohidrat saja. Lemak Lemak merupakan sumber nutrisi yang disimpan dari tubuh dan berasal dari makanan yang dikonsumsi. Fosfat berenergi tinggi ini ditangkap menjadi ATP dalam reaksi lebih lanjut dengan ADP, yang dikatalisir oleh enzim fosfogliserat kinase.

Sedangkan asam amino seperti fenilalanin, tirosin, leusin, isoleusin dan lisin diubah menjadi asetil ko A untuk selanjutnya mengikuti jalur respirasi. Pentosa tersusun atas 5 atom C 4.

Pada tumbuh-tumbuhan, karbohidrat di bentuk dari basil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun klorofil. Digesti atau pencernaan protein yaitu pemecahan protein oleh enzim hidrolease peptidase dan protease.

Hal ini dibuktikan dengan dijumpainya maltosa, sukrosa dan laktosa dalam urine apabila mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak. Hal ini dibuktikan dengan dijumpainya maltosa, sukrosa dan laktosa dalam urine apabila mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak. Jika sewaktu-waktu tak tersedia sumber energy dari karbohidrat barulah asam lemak dioksidasi, baik asam lemak dari diet maupun jika harus memecah cadangan trigliserida jaringan.

Elektron melewati sitokrom b, Fe-S, sitokrom c1, sitokrom c, sitokrom a, sitokrom a3, dan oksigen sebagai penerima elektron terakhir.

Perubahan makanan menjadi energi, tentu terjadi dalam sel sebagai suatu satuan fungsional dan struktural terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup.

Gejala yang menyerupai kecemasan maupun gangguan fungsi otak bisa terjadi secara perlahan maupun secara tiba-tiba. Selanjutnya hasil pemecahan tersebut akan diubah oleh enzim lipase pankreas menjadi asam lemak dan gliserol 5.

Hal ini disebabkan siklus Krebs tersebut menghasilkan senyawa yang mempunyai gugus karboksil, seperti asam sitrat dan asam isositrat. Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori.

Glukosa masuk lintasan glikolisis melalui fosforilasi menjadi glukosa-6 fosfat dengan dikatalisir oleh enzim heksokinase atau glukokinase pada sel parenkim hati dan sel Pulau Langerhans pancreas. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang memakai insulin atau obat hipoglikemik per-oral.

Metabolisme Protein Metabolisme protein merupakan metabolisme dari asam amino itu sendiri dan merupakan suatu rangkaian asam amino. Dekarboksilasi oksidatif Tahapan dekarboksilasi oksidatif, yaitu tahapan pembentukan CO2 melalui reaksi oksidasi reduksi redoks dengan O2 sebagai penerima elektronnya.

Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan Hutahalung, Pada tahap 3, molekul berkarbon 2 dioksidasi dan mengikat Ko-A koenzim A sehingga terbentuk asetil Ko-A. Asetil KoA akan menghambat secara allosterik pembentukan piruvat menjadi asetil Ko A, tetapi meningkatkan piruvat menjadi oksaloasetat.Metabolisme karbohidrat Pada bagian-bagian terdahulu Anda telah mempelajari berbagai macam karbohidrat, antara lain monosakarida, disakarida, oligosakarida serta polisakarida.

Karbohidrat siap dikatabolisir menjadi energi jika berbentuk monosakarida. Beberapa langkah dalam metabolisme HDL dapat berkontribusi pengangkutan kolesterol dari makrofag lipid-sarat aterosklerotik arteri, disebut sel busa, ke hati untuk sekresi ke empedu.

jalur ini telah disebut kolesterol reverse transportasi dan dianggap sebagai fungsi. Metabolisme meliputi segala aktivitas hidup yang bertujuan agar sel tersebut mampu untuk tetap bertahan hidup, tumbuh, dan melakukan reproduksi. Semua sel penyusun tubuh makhluk hidup memerlukan energi agar proses kehidupan dapat berlangsung.

Sel-sel menyimpan energi kimia dalam bentuk makanan kemudian mengubahnya dalam bentuk energi lain pada proses metabolisme.

Bab 2 Metabolisme (XII)

Metabolisme protein merupakan metabolisme dari asam amino itu sendiri dan merupakan suatu rangkaian asam amino. Protein tersusun dari asam amino dalam asam amino terdapat unsur N (nitrogen).

Nitrogen berada dalam tubuh yaitu melalui protein. Protein tidak bisa disimpan sebagai protein dalam jaringan,oleh sebab itu harus dipecah terlebih dahulu. Karena protein merupakan protein. Metabolisme terdiri dari pembentukan makanan (anabolisme) dan juga penguraian makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana (katabolisme).

Pentingnya proses metabolisme dalam tubuh berpengaruh penting pada kesehatan. Karena didalamnya menyangkut organ-organ yang dijadikan tempat mesin untuk membantu menguraikan senyawa-senyawa kompleks (karbohidrat, lemak, dan protein) seperti. vit b untuk otot by vironika-ervina

Bagan metabolisme
Rated 0/5 based on 7 review