Fisiologi bilirubin

Secara fungsional scissura utama membagi hepar menjadi lobus kanan dan lobus kiri yang tidak bergantung pada aliran portal dan arsitektur biliaris. Fisura umbilikalis berada pada permukaan inferior hepar sinistra dan terdapat triad portal kiri.

Diposting oleh. Splancnici Bersifat simpatis untuk pembuluh darah didalam hepar.

Fisiologi Hati Dan Kandung Empedu

Penurunan ambilan hepatikPengambilan bilirubin tak terkonjugasi dilakukan dengan memisahkannya dari albumin dan berikatan dengan protein penerima. Lobus fisiologi bilirubin dibagi menjadi segmen medial yang dikenal lobus quadratus yang menempati sisi kanan ligamentum falciform dan fisura umbilikalis dan segmen lateral menempati sisi kirinya.

Hal ini menunjukkan kapasitas hati yang sangat besar dimana bila pemecahan heme meningkat, hati masih akan mampu meningkatkan konjugasi dan ekskresi bilirubin larut. Atau direduksi juga oleh normal flora menjadi urobilinogen dan akhirnya mengalami oksidasi menjadi urobilin. Kelompok superificialis terdiri atas: Uji bilirubin adalah dengan reaksi Heyman van den Berg.

Akan tetapi lisisnya eritrosit secara massive misalnya anemia hemolitik pada kasus sickle cell anemia ataupun malaria akan menyebabkan produksi bilirubin lebih cepat dari kemampuan hati mengkonjugasinya sehingga akan terdapat peningkatan bilirubin tak larut didalam darah indirek.

Klasifikasi Couinaud membagi hepar kedalam 4 sektor didasarkan pada jalannya tiga vena hepatika utama. Sinusoid berhubungan dengan pembuluh hepatika terminal.

Duplikasi peritoneum yang meluas dari dinding abdomen anterior dan diafragma ke hepar membentuk ligamentum yang mempertahankan organ hepar pada tempatnya. Biliverdin, oleh biliverdin reductase diubah menjadi bilirubin unconjugated yang diambil hepar dalam enzim glucoronil transferase dan dikonjugasikan dibantu glisin menjadi bilirubin conjugated.

Ada kecenderungan bayi yang menjalani proses terapi sinar mengalami dehidrasi karena malas minum. Warna tersebut disebabkan oleh beberapa zat warna seperti urochrom, urobilin, dan porphyim.

Di usus halus, oleh flora usus akan diubah menjadi mesobilirubinogen dan sterkobilirubinogen, urobilinogen. Daerah-daerah ini berlokasi pada sudut lobulus dan ditempati oleh portal triad disebut portal spaces. Didalam ligamentum hepatoduodenale, arteri hepatis comunis berada disebelah anterior agak ke kiri dari duktus choledocus dan berada disebelah anterior vena porta.

Karena bilirubin tak terkonjugasi tidak larut dalam air maka tidak dapat diekskresikan ke dalam urine dan tidak terjadi bilirubinuria. Sebaliknya bilirubin terkonjugasi bersifat larut air, non toksik, dan hanya berikatan secara lemah dengan albumin.

Meningkatkan sintesis hepatic glukoronil transferase yang mana dapat meningkatkan bilirubin konjugasi dan clearance hepatic pada pigmen dalam empedu,sintesis protein dimana dapat meningkatkan albumin untk meningkat bilirubin.

PATOFISIOLOGI IKTERUS (PENYAKIT KUNING)

Sementara, proses pemecahan bilirubin justru akan meningkatkan pengeluaran cairan empedu ke organ usus. Disebelah kiri dari processus caudatus, berbatasan dengan porta hepatis dan fossa ductus venosi, terdapat processus papillaris. Duplikasi horizontal peritoneum membentuk lig. Obstruksi total dapat disertai tinja yang alkoholik.

Bilirubin conjugated larut air afinitasnya tinggi terhadap airbisa dibuang melalui urine. Apabila peningkatan bilirubin tak larut ini melampaui kemampuan albumin mengikat kuat, bilirubin akan berdiffusi ke basal ganglia pada otak dan menyebabkan ensephalopaty toksik yang disebut sebagai kern ikterus ikterus neonatorum pathologis yang ditandai peningkatan bilirubin direk dan pemecahan eritrosit.

Kemungkinan ini terjadi karena kontaminasi reagen dan pH urin yang basa sehingga protein sukar larut. Pada hilus hepar,triad portal kanan merupakan pedikel extrahepatika yang pendek kira-kira 1 — 1,5 cm sebelum memasuki jaringan hepar dan bercabang atau mensuplai ke sektor anterior dan posterior dari hepar kanan.

Berikan terapi infuse pada bayi bila indikasi yaitu meningkatnya konsentrasi urine dan cairan hilang berlebihan Monitoring temperature setiap 1 jam Suriadi, 2. Conjugated bilirubin disekresi ke dalam canaliculi billier dan dibawa ke ductus bilier, msk ke dlm usus halus.

Patofisiologi ikterus

Karena kearutan dan ikatannya yang lemah dengan albumin, kelebihan bilirubin terkonjugasi dalam plasma dapat dikeluarkan melalui urin. Fraksi delta ini dapat menetap dalam sirkulasi selama berminggu-minggu setelah kolestasis teratasi karna bergantung pada usia albumin di dalam plasma.

Bentuk hepar adalah piramidyang puncaknya dibentuk oleh bagian pada lobus sinistra, sedangkan basisnya pada sisi lateral kanan yang lokasi pada dinding thorax kanan. Hindari posisi yang membuat bayi melihat langsung ke matahari karena dapat merusak matanya Dewi, Ukuran tranversal dari hepar berkisar 20 cm- 22,5 cm, dan ukuran vertikal berkisar 15 cm — 17,5 cm, dengan diameter anteroposterior terbesar berkisar 10 cm—12,5 cm.

Segmen I sesuai dengan lobus caudatus dan segmen IV sesuai dengan lobus quadratus. Arteri hepatica communis Merupakan cabang dari arteri coeliaca, berjalan ke ventral agak ke kanan pada margo superior pancreas, di sebelah dorsal pars superior duodeni.

Volume urin pada sampel A sebanyak 75ml dan pada sampel B sebanyak ml. Proteinuria ini ditandai dengan adanya kekeruhan atau warna gelap setelah dilakukan uji. Kedua sampel tersebut memiliki warna yang nornal.Ikterus fisiologis.

Pengertian Ikterus Fifiologis.

Ikterus fisiologis

Ikterus adalah perubahan warna kuning pada kulit dan sclera yang terjadi akibat peningkatan kadar bilirubin didalm darah (Fraser,).

Direktes Bilirubin: das glukuronidierte Bilirubin, auch sekundäres oder konjugiertes Bilirubin, kurz Bili c, genannt und das Delta-Bilirubin, bei dem konjugiertes Bilirubin kovalent an Albumin gebunden ist.3/5(35).

Bilirubin entsteht, wenn rote Blutkörperchen abgebaut werden. Es hat eine kräftige gelb-bräunliche Färbung und wird mit der Galle in den Darm festival-decazeville.com: Andrea Reiter, Eva Rudolf-Müller.

Pada kasus ini didapatkan peningkatan bilirubin direk, bilirubin indirek, zat yang larut dalam empedu serta batu empedu. Jadi pada ikterus obstruktif ini perlu dibuktikan dengan pemeriksaan kadar bilirubin serum, bilirubin urin, urobilin urin, USG, alkali fosfatase.

Fisiologi Dan Biokimia Bilirubin

Baixe no formato DOCX, PDF, TXT ou leia online no Scribd. Sinalizar por conteúdo inapropriado. Baixar. · Komposisi dari urine yaitu terdiri dari kira-kira 95% air, zat-zat sisa nitrogen dri hasil metabolisme protein asam urea, amoniak, kreatin, elektrolit, natrium, kalsium, NH3, bikarbonat, fosfat, dan sulfat, juga terdiri dari pigmen (bilirubin, urobilin) toksin dan hormon (yatim, ).

Fisiologi bilirubin
Rated 5/5 based on 83 review