Peran leptin pada obesitas pdf

Sinyal pendek situasional yang mempengaruhi porsi makan dan waktu makan serta berhubungan dengan faktor distensi lambung dan peptida gastrointestinal, yaitu kolesistokinin CCK yang mempunyai peranan paling penting dalam menurunkan porsi makan dibanding glukagon, bombesin dan somatostatin.

Sinyal juga bisa disalurkan melalui saraf yang menuju otak. Sebelum abad 19 hingga awal abad 20, obesitas dianggap sebagai lambing kesehatan dan kecantikan.

BAB III Peran Obesitas Dalam Patofisiologi DM

Apabila asupan energi melebihi dari yang dibutuhkan maka massa jaringan adiposa meningkat, disertai dengan peningkatan kadar leptin dalam peredaran darah. Leptin ini adalah peptida yang mengandung asam amino yang diproduksi oleh gen LEP yang banyak diproduksi oleh jaringan adipose, namun juga ditemukan dalam jaringan lain seperti jaringan otot dan plasenta.

Energi yang masuk dalam tubuh harus sama dengan energi yang dikeluarkan dari tubuh sehingga energi dalam tubuh akan tetap konstan. Lemak berlebih menyebabkan resistensi insulin, dan hiperglikemia berpengaruh negatif terhadap kesehatan. Penderita kembali ke pola makan dan pola aktivitas fisik semula; Penggunaan energy menurun karena setelah program selesai metabolism basal menurun akibat berdiet masa otot mengecil serta aktifitas fisik kembali berkurang seperti ketika sebelum menjalani program.

Reseptor tersebut antara lain adalah LEPR, gen LEPR dimana reseptor tersebut berada di dalam kromosom 1 dimana di dalamnya mengandung 18 ekson dan 17 intron.

Oleh karena peran leptin pada obesitas pdf setelah terapi penurunan berat badan selama 6 bulan, program penurunan berat badan harus terus dilakukan. Jalur descending anabolik dan katabolik diduga mempengaruhi respon neuron di NTS yang mengatur penghentian makan. Susunan kromosom pembawa pesan genetik dalam sel-sel telur wanita gemuk ditemukan tidak normal sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan.

Leptin signaling mampu mengaktivasi jalur lain yang berhubungan dengan hipertrofi, seperti PI3K dan protein kinase C. Di dalam tubuh manusia terdapat dua hormone yang sangat berperan dalam peran leptin pada obesitas pdf energi dan membuat kestabilan berat badan yaitu hormone leptin dan grelin.

Obesitas dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk berfungsi secara normal, menyebabkan berbagai gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Protein ini mempunyai fungsi khusus yang tidak tergantikan oleh zat lain, yaitu membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh.

Dengan demikian banyaknya individu yang obesitas yang tampaknya glukosa darahnya normal memiliki sindrom yang ditandai dengan resistensi insulin pada jaringan perifer dan konsentrasi insulin yang tinggi dalam sirkulasi. Disfungsi sel beta pankreas merupakan faktor risiko terpenting untuk terjadinya diabetes melitus tipe 2.

Protein tersebut bekerja langsung menghambat pengikatan leptin dan reseptornya, serta memblok kemampuan mentranduksi sinyal dalam kultur sel.

Por outro lado, a propriedade de aumentar o gasto de energia, deve-se ao fato da leptina estimular as aes da norepinefrina e a liplise no tecido adiposo, levando termognese.

Penambahan jaringan lemak meningkatkan aliran darah. Adiponekin merupakan mediator yang diproduksi oleh jaringan adipose, aksinya diperkirakan dapat memodifikasi kelainan-kelainan yang berhubungan dengan obesitas. Beberapa neurotransmiter, yaitu norepineprin, dopamin, asetilkolin dan serotonin berperan juga dalam regulasi keseimbangan energi, demikian juga dengan beberapa neuropeptide dan hormon perifer yang juga mempengaruhi asupan makanan dan berperan didalam pengendalian kebiasaan makan.

Pengendalian obesitas bertujuan untuk mencapai keadaan sehat dan memelihara untuk tetap sehat dengan berat badan ideal. ET-1 memberikan efek meningkatkan area permukaan kardiomiosit tanpa meningkatkan proliferasi sel. Pada awal perjalanan penyakit diabetes melitus tipe 2, sekresi insulin tampaknya normal dan kadar insulin plasma tidak berkurang.

Pengembalian leptin ke hewan ini mengurangi obesitas dan secara independen, karena itu tidak seperti TNF leptin memperbaiki resistensi insulin. Setelah 6 bulan kecepatan penurunan berat badan lazimnya akan melambat dan berat badan menetap karena seiring dengan berat badan yang berkurang terjadi penurunan energy expenditure.

Impact of the metabolic syndrome on mortality from coronary heart disease cardiovascular disease, and all causes in united states adults. Protein terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino yang terikat satu sama lain dalam ikatan peptide.

Diabetes ini meliputi individu yang memiliki resistensi insulin dan biasanya mengalami defisiensi insulin relatif atau kekurangan insulin pada awalnya dan sepanjang masa hidupnya, individu ini tidak membutuhkan pengobatan insulin untuk bertahan hidup.

Porm, vrios laboratrios tm notado um aumento dos valores da leptina srica em alguns nveis de gordura corporal. Terdapat sedikit pertentangan terhadap sejauh apa peranan obesitas, apakah menjadi penyebab utama bagi timbulnya penyakit-penyakit tenrtentu, atau semata-mata hanya sebagai suatu pertanda atau petunjuk bahwa orang bersangkutan mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit yang bersangkutan.

Satuan Metrik menurut sistem satuan internasional:peran dan keseimbangannya dimana dijumpai kadar TSH sedikit meningkat disertai peningkatan leptin pada anak obesitas. Obesitas pada Anak Sekolah Dasar Ayu.

Disponivel em: pdf/festival-decazeville.com > Acesso em 22 de outubro de POSTADO POR: ISABELLE ROMERO NOVELLI. Postado por. Leptin is a peptide responsible for satiety, plays an important role in regulating food intake and energy expenditure by increasing the burning of.

Consenso Latino-Americano de Obesidade.

Peran Adiponektin Terhadap Kejadian Resistensi Insulin Pada Sindrom Metabolik 4

Federação Latino- Americana de Sociedades de Obesidade - FLASO. Walmir Coutinho, Coordenador. peran leptin ditentukan. Kegagalan pada reseptor leptin akan menyebabkan kelainan pada Penelitian terakhir tentang obesitas pada manusia menunjukkan bahwa secara. derajat rendah yang terjadi pada obesitas dapat menjadi refleksi dari meningkatnya Peran agregat trombosit yang kecil atau mikroemboli kolesterol dari plak.

Peran leptin pada obesitas pdf
Rated 3/5 based on 12 review